Selamat Datang disitus kereta api indonesia kami akan memberi anda sebuah informasi tentang kereta diantaranya bisa anda lihat pada halaman label terimah kasih atas kunjungan anda.

30 Jun 2013

Menjelang Lebaran 2013,PT KAI Surabaya Menambah 7 Kereta Tambahan

[SURABAYA] Perseroan Terbatas (PT) Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Jawa Timur (Jatim),   menyiapkan 7 Kereta Api (KA) tambahan untuk memgantisipasi angkutan Lebaran pada Agustus nanti.   


Antisipasi KA tersebut, terdiri dari tiga  KA komersial dan empat KA nonkomersial,  akan dioperasikan mulai 29 Juli-19 Agustus 2013. Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Sumarsono menjelaskan, KA Lebaran itu akan melayani penumpang ke jurusan Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Purwokerto, pergi pulang. Kereta tersebut meliputi KA Eksekutif Gumarang jurusan Surabaya Pasar Turi-Gambir Jakarta, KA Eksekutif Gajayana dari Stasiun Malang Kota Baru-Gambir Jakarta, KA Eksekutif Sancaka Surabaya Gubeng- Stasiun Kota Yogyakarta. 

Kemudian KA Ekonomi Pasundan dari Surabaya Gubeng-Kiaracondong Bandung, KA Ekonomi Matarmaja Malang Kota Baru-Pasar Senen Jakarta, KA Ekonomi Kertajaya Surabaya Pasar Turi-Tanjung Priuk Jakarta,KA Ekonomi Logawa dari Jember-Purwokerto Jateng. Secara nasional, pada saat angkutan Lebaran, PT KAI (Persero) memaksimalkan jumlah perjalanan KA sebanyak 305 KA. Terdiri dari 265 KA reguler dan 40 KA tambahan Lebaran yang terdiri dari 22 KA komersial dan 18 KA nonkomersial. Jumlah total tempat duduk yang disiapkan di kereta tambahan 22.896 seat/hari.  

Penentuan KA tambahan Lebaran diluncurkan,  setelah dilakukan pemantauan penjualan tiket arus mudik dan balik liburan nasional Lebaran, sejak pertengahan Mei 2013, sudah dibeli masyarakat.khususnya tujuan Surabaya, Jakarta, Bandung dan Yogyakarta atau sebaliknya sudah habis terjual. Agar angkutan Lebaran berjalan lancar maka PT KAI menanbah tujuh KA tambahan. Tiket KA tambahan Lebaran  bisa dibeli mulai tanggal 1 Juni 2013 atau H-60 Lebaran. Kereta Api tambahan Lebaran dioperasikan mulai 1 Agustus 2013, dan tiket KA tambahan setelah Lebaran, sudah banyak yang terjual. Kereta itu   KA Gajayana tujuan Jakarta untuk pemberangkatan 11-17 Agustus dam KA Matarmaja dari Malang tujuan Jakarta untuk tanggal 10-20 Agustus, juga sudah habis terjual. 

Kebanyakan para penumpang membeli tiket sekaligus untuk pergi pulang. Pada angkutan Lebaran 2013, PT KAI sudah menyiapkan sarana meliputi, 307 unit armada lokomotif, terdiri dari 266 uni lokomotif dinas dan 41 unit cadangan. Sedangkan armada kereta yang disiapkan berjumlah 1.558 unit, terdiri dari 1.419 unit kereta yang dinas dan 139 kereta untuk cadangan.